Kalurahan Wukirsari Dan Kalurahan Kepuharjo Menyusun SOP Mitigasi Bencana Untuk Disabilitas

Administrator 24 November 2022 13:03:27 WIB

Kalurahan Wukirsari, 24 November 2022.

Kalurahan Wukirsari Dan Kalurahan Kepuharjo melaksanakan kegiatan Forum Grup Discussion Kegiatan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Mitigasi Bencana Bagi Penyandang Disabilitas di Kalurahan Kepuharjo (24/11/22). Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Yayasan CIQAL (Center for Improving Qualified Activity in Life of People with Disabilities/Pusat untuk Pengembangan Kegiatan yang Berkualitas dalam Kehidupan Penyandang Disabilitas).

Yayasan CIQAL bergerak pada program-program upaya pemberdayaan ekonomi dan advokasi bagi penyandang Disabilitas menuju kehidupan yang mandiri dan sejahtera.

Koordinator CIQAL Dr. Arni Surwanti., M.Si. mengatakan jika penyusunan SOP akan berguna untuk memberikan rekomendasi untuk Pemerintah Kalurahan Kepuharjo dan Pemerintah Kalurahan Wukirsari sebagai Sister Village. Selain itu Arni menyebutkan tema pada FGD adalah “Optimalisasi Peran Sister Village Pada Program Kesiapsiagaan Bencana Yang Inklusif Bagi Disabilitas”.

“Nanti kesepakatan SOP akan dimasukan dalam dokumen kontijensi yang kemudian diaturkan ke BPBD untuk dijadikan acuan” jelas Arni.

Menurut beliau, dalam rangkaian kegiatan tersebut diharapkan tersedia dokumen SOP mitigasi bencana bagi penyandang disabilitas di Kalurahan Kepuharjo dan Kalurahan Wukirsari sebagai sister village.

Dalam acara tersebut mengundang Remon selaku fasilitator dan narasumber. Remon yang juga warga Kepuharjo memandu para peserta untuk menyusun SOP kebencanaan bagib disabilitas tersebut.

Forum Grup Discussion dihadiri oleh Jogoboyo, Kader PKK, Tagana, Penyandang disabilitas serta Perwakilan Dukuh dari masing-masing Kalurahan.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar