Hidup Harmoni Dengan Potensi Bencana Gunung Merapi Di Kalurahan Wukirsari

Administrator 04 November 2022 08:07:25 WIB

Kalurahan Wukirsari 04 November 2022.

Hari ini 12 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 4-5 November 2010 merupakan kejadian yang bersejarah untuk masyarakat yang tinggal di lereng Gunung Merapi. Pada saat itu Gunung Merapi mengalami erupsi paling besar dalam 100 tahun terakhir.

Sebelumnya, pada tanggal 26 Oktober 2010 Gunung Merapi mengalami erupsi yang menelan korban jiwa termasuk Juru Kunci Merapi Mbah Maridjan. Letusan paling besar terjadi pada malam Jum’at, 4-5 November 2010.

Tidak hanya suara gemuruh dan getaran yang dirasakan masyarakat di lereng merapi, tetapi Merapi juga mengeluarkan material seperti abu, batu, kerikil juga pasir. Tidak tanggung-tanggung jarak luncur erupsi pun sekitar 20 kilometer ke arah sungai Gendol.

Erupsi Merapi 2010 menjadi sejarah baru bagi Pemerintah Kalurahan Wukirsari, setidaknya ada 4 padukuhan yang terkena imbas dari kejadian tersebut, yaitu Padukuhan Gondang, Padukuhan Ngepringan, Padukuhan Gungan dan Padukuhan Cakran. Dampak sekunder erupsi merapi yang berupa aliran lahar hujan mengenai beberapa rumah di Padukuhan Salam.

Selanjutnya dapat dibaca pada link di bawah.

Kronologi Erupsi Merapi tanggal 5 November 2010

Kesaksian Warga Melihat Lava Pijar Erupsi Gunung Merapi

Dampak erupsi merapi di Kalurahan Wukirsari

Wukirsari Menguatkan Kemampuan Mitigasi Untuk Menciptakan Harmoni Di Lereng Merapi

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar